Senin, 16 Mei 2011

Pentingnya Hambatan Dalam Negeri

Dalam suatu negara tentunya ada perdagangan antar negara yang dimana perdagangan tersebut bisa saling berpengaruh. Dalam perdagangan antar negara juga memiliki hambatan-hambatan. Hambatan perdagangan yaitu regulasi atau peraturan pemerintah yang membatasi perdagangan bebas. Bentuk-bentuk hambatan pedagangan yang diantaranya :
Tarif atau bea cukai. Tarif merupakan pajak produk impor.
Kuota. Kuota merupakan banyak unit yang dapat diimpor untuk membatasi jumlah barang tersebut di pasar dan menaikan harga.
Subsidi. Subsidi merupakan bantuan pemerintah untuk produsen lokal, subsidi dihasilkan melalui pajak yang ditetapkan oleh pemerintah.
Muatan lokal.
Peraturan administrasi.
Peraturan anti dumping.
Selain itu hambatan perdagangan bisa mengurangi efesiensi ekonomi, kenapa bisa seperti itu ? sebab masyarakat tidak dapat mengambil keuntungan dari produktifitas negara lain. Meskipun masyarakattidak bisa mengambil keuntungan, tetapi ada juga pihak yang di untungkan seperti produsen dan juga pemerintah. Produsen mendapatkan proteksi dari hambatan perdagangan, sementara pemerintah mendapatkan penghasilan dari bea-bea.
Selain itu negara juga mendapatkan keuntungan besar karena jika tidak adanya perdagangan maka tidak ada perlindungan terhadap industri dan tenaga kerja lokal. Dengan tidak adanya hambatan perdagangan juga mempengaruhi harga produk, dan jasa dari luar negeri akan menurundan permintaan untuk produk dan jasa lokal akan berkurang. Hal ini bisa mengakibatkan matinya industri lokal secara perlahan-lahan.
Di indonesia, hambatan perdagangan banyak digunakan untuk membatasi impor pertanian dari luar negeri untuk melindungi petani dari anjloknya harga lokal.
Saya ambil contoh seperti pada pakaian, cioba bayangkan jika pakaian-pakaian buatan luar banyak yang masuk pada suatu negara ditambah lagi jika negara tersebut tidak memberlakukan hambatan-hambatan untuk perdagangan antar negara maka bisa disimpulkan pakaian buatan luar akan banyak yang masuk ke negara tersebut dan akibatnya harga pakaian buatan negara sendiri akan anjlok. Selain itu juga akan mematikan pengusaha-pengusaha dalam negeri.

0 komentar:

Posting Komentar

........KESEHATAN YANG BAIK DI MULAI DARI BERAT BADAN YANG IDEAL........

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More