SOAL NO. 1
Apa perbedaan antara harmonisasi
dan standarisasi ?
Jawab :
HARMONISASI
Proses untuk meningkatkan kompabilitas (kesesuian) praktik akuntansi
dengan menentukan batasan-batasan seberapa besar praktik-praktik tersebut dapat
beragam
Tidak menggunakan pendekatan satu ukuran untuk semua
Mengakomodasi beberapa perjanjian dan telah mengalami kemajuan yang
besar secara internasional dalam tahun-tahun terakhir
Hamonisasi jauh lebih fleksibel dan terbuka
STANDARISASI
Penetapan sekelompok aturan yang kaku dan sempit.
Penerapan satu standar atau aturan tunggal dalam segala situasi
Standarisasi tidak mengakomodasi perbedaan-perbedaan antarnegara
Lebih sukar untuk diimpelemntasikan secara internasional
SOAL NO. 2
Standar akuntansi internasional
digunakan sebagai hasil dari...
Jawab :
Perjanjian internasional atau politis;
Kepatuhan secara sukarela (atau didorong secara profesional);
Keputusan oleh badan pembuat standar akuntansi nasional.
SOAL NO. 3
Apa Yang Dimaksud Dengan Analisis
Strategi Usaha ?
Jawab :
Analisis strategi usaha merupakan langkah penting pertama dalam analisis laporan
keuangan. Dengan mengidentifikasi faktor pendorong laba dan risiko usaha yang
utama,analis usaha mambantu para anali sis untuk membuat peramalan yang
realistis.
SOAL NO. 4
sebutkan apa saja
Kesulitan-kesulitan Analisis Strategi Bisnis Internasional & Strategi Dasar
untuk Pengumpulan Informasi ?
jawab :
Ketersediaan informasi
Rekomendasi untuk melakukan analisis
SOAL NO. 5
Dalam mengatasi perbedaan prinsip
Akuntansi Antar Negara dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan, yaitu....
Jawab :
Beberapa analis menyajikan ulang ukuran akuntansi asing menurut
sekelompok prinsip yang diakui secara internasional, atau sesuai dengan dasar
lain yang lebih umum.
Beberapa yang Lain mengembangkan pemahaman yang lengkap atas praktik
akuntansi di sekelompok negara tertentu dan membatasi analisis mereka terhadap
perusahaan perusahaan yang berlokasi di Negara Negara tersebut.
SOAL NO. 6
Enam organisasi telah menjadi
pemain utama dalam penentuan standar akuntansi internasional dan dalam
mempromosikan harmonisasi akuntansi internasional, sebutkan apa saja
organisasinya !
Jawab :
Badan Standar Akuntasi Internatonal
(IASB);
Komisi Uni Eropa (EU);
Organisasi Internasional Komisi Pasar
Modal (IOSCO);
Federasi Internasional Akuntan (IFAC);
Kelompok Kerja Ahli Antarpemerintah
Perserikatan Bangsa-bangsa atas Standar Internasional Akuntansi dan Pelaporan
(ISAR);
Kelompok Kerja dalam Stnadar Akuntansi
Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (EOCD).
SOAL NO. 7
Apa tujuan
dari Komisi Uni Eropa (EU) ?
Jawab :
Tujuan EU adalah untuk mencapai
integrasi pasar keuangan Eropa. Untuk mencapai tujuan ini, EC telah
memperkenalkan direktif dan mengambil langkah inisiatif yang sangat besar untuk
mencapai pasar tunggal
SOAL NO. 8
Sebutkan Empat
Dimensi Dalam Pembuatan Model Bisnis !
Jawab :
1.
Mengidentifikasikan faktor-faktor utama yang relevan terhadap kemajuan
perusahaan di masa depan.
2.
Merumuskan teknik yang memadai untuk meramalkan perkembangan masa depan
dan menganalisis kemampuan perusahaan untuk menyesuaikan diri atau memanfaatkan
perkembangan tersebut.
3.
Mengembangkan sumber-sumber data untuk menditkung pilihan-pilihan
strategis.
4.
Mentranslasikan pilihan-pilihan tertentu menjadi serangkaian tindakan
yang spesifik.
SOAL NO. 9
Apa perbedaan antara konsep biaya standar dan kaizen ?
Jawab :
Konsep
Biaya Standar
|
Konsep
Biaya Kaizen
|
Penegndalian
biaya
|
Pengurangan
biaya
|
Diterapkan
pada kondisi manufaktur yang ada
|
Diterapkan
pada perbaikan manufaktur secara terus-menerus
|
Tujuan
: kesesuaian dengan standar kinerja
|
Tujuan
: mencapai target pengurangan biaya
|
Standar
ditentukan tiap tahun
|
Target
pengurangan biaya ditentukan setiap bulan
|
Analisis
variabs didasarkan pada aktual vs standar
|
Analisi
varians didasarkan pada pengurangan biaya secara konstan
|
Melakukan
investigasi apabila standar tidak terpenuhi
|
Melakukan
investigasi jika target biaya tida tercapai
|
SOAL NO. 10
Pengukuran dengan metode balance scorecard melibatkan empat
aspek, yaitu:
Jawab :
1. Perspektif financial
(financial perspective),
2. Perspektif kepuasan
pelanggan (costumer perspective),
3. Perspektif efisiensi
proses internal (internal process efficiency), dan
4. Perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan (learning and growth perspective).
0 komentar:
Posting Komentar