Senin, 19 Desember 2011

Sekilas Informasi tentang Koperasi Zen Noh


PENDAHULUAN 


Di setiap Negara tentunya meiliki koperasi terbaiknya bahkan terbesar. Tentunya dengan memiliki tujuan yang sama. Koperasi tersebut beraneka ragam jenisnya seperti halnya di Indonesia. Pada kali ini saya akan memberikan sekilas tentang informasi koperasi terbesar di dunia yaitu koperasi Zen Noh. Koperasi Zen Noh terdapat di Negara Jepang. Koperasi  Zen Noh Jepang merupakan koperasi terbesar dari 300 koperasi yang diranking ICA. Selain itu juga koperasi Zen Noh merupakan koperasi pertanian. Berikut saya akan memberikan sekilas informasi tentang Koperasi  Zen Noh Jepang.

KOPERASI ZEN NOH JEPANG
 



Koperasi Zen Noh Jepang merupakan koperasi terbesar dari 300 koperasi yang diranking ICA. Dengan basis pertanian, jaringan bisnis Zen Noh telah merambah ke berbagai bidang yang menjangkau banyak negara. Padahal, koperasi ini baru dibentuk pada 1972, jauh lebih muda ketimbang koperasi-koperasi raksasa di Eropa dan Amerika Serikat. Para petani Jepang, memiliki re but tawar (bargaining position) yang luar biasa kuat, dalam konste lasi ekonomi dan politik di negaranya. Hasilnya berbagai komoditi pertanian yang dihasilkan petani dari Jepang ini , jauh lebih mahal ketimbang komoditi sejenis di negara lain. Tetapi, pemerintah Jepang tidak bi sa sembarangan mengimpor komoditi tersebut tanpa persetujuan petani. Selain itu juga Kekuatan yang luar biasa dimiliki oleh peta ni Jepang, antara lain karena mereka solid berhimpun dalam koperasi pertanian. Koperasi pertanian Jepang membentuk sebuah jaringan yang kokoh, dari tingkat primer hingga sekunder, yang berpuncak pada Zen Noh sebagai federasi koperasi pertanian di tingkat nasional. Dengan perputaran omset mencapai 63.449 dolar AS, atau Rp 583,73 triliun per tahun, saat ini Zen Noh menem pati urutan tertinggi dalam ICA Global 300, yang dirilis International Cooperative Alliance (ICA) pada Oktober 2007.
Zen Noh berdiri pada 30 Maret 1972, hasil penggabungan dua sekunder koperasi pertanian level nasional, yaitu Zenkoren (ber gerak dalam pengadaan kebutuhan pertanian) dan Zenhanren (bergerak di bidang pemasaran pro­duk pertanian). Kedua sekunder ko perasi ini berdiri pada tahun 1948. Secara keseluruhan, Zen Noh menghimpun 1.173 koperasi pertanian, 1.010 diantaranya merupakan primer koperasi pertanian. Sisanya merupakan sekunder koperasi pertanian tingkat provinsi, dan federasi kope rasi lain yang terkait dengan bidang pertanian dan peternakan. Selain itu koperasi Zen Noh Jepang memiliki tugas utamanya yaitu untuk menyediakan barang-barang kebutuhan petani anggota koperasi pertanian, baik untuk proses produksi seperti mesin-mesin pertanian, bahan baku minyak atau gas serta barang-barang konsumsi. Selain itu, Zen-Noh juga memasarkan produksi anggota.
Dalam rangka tanggungjawab sosial, Zen-Noh terutama sangat memperhatikan produk makanan, khususnya beras yang berasal dari bibit yang 100% murni, kemudian pada lingkungan, antara lain dengan  adanya keharusan/ anjuran menggunakan pupuk kandang oleh para anggota/ petani. Tentunya Sebagai lembaga koperasi, koperasi Zen Noh Jepang juga mempunyai struktur organisasi, diantaranya terdiri dari :
rapat anggota (general meeting) sebagai lembaga pengambilan keputusan/ kebijakan tertinggi, yang memilih dewan pengawas dan dewan auditor. Dewan pengawas selanjutnya menetapkan dewan direktur sebagai pelaksana organisasi dan usaha.

KESIMPULAN
 



Jadi, Koperasi Pertanian Zen-Noh Jepang merupakan koperasi terbesar di dunia. Koperasi ini mempunyai tugas utama yaitu menyediakan barang-barang kebutuhan petani anggota koperasi pertanian, baik untuk proses produksi seperti mesin-mesin pertanian, bahan baku minyak atau gas serta barang-barang konsumsi. Selain itu, Zen-Noh juga memasarkan produksi anggota. Koperasi ini berdiri pada tahun 1972. Selain itu koperasi Zen Noh sangatlah memperhatikan produk makanan, terutama beras serta lingkungan. Koperasi ini memiliki hasil yang sangat baik.

sumber :

Gambar :
http://kopkun.com/wp-content/themes/Link/timthumb.php?src=http://kopkun.com/wp-content/uploads/2011/06/zennoh.jpg&w=550&h=200&zc=1
tulisan : 
http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=11924.0;wap2
http://kopkun.com/berita/zen-noh-koperasi-nomor-satu-dunia.html

0 komentar:

Posting Komentar

........KESEHATAN YANG BAIK DI MULAI DARI BERAT BADAN YANG IDEAL........

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More