Sabtu, 09 Oktober 2010

STUDY BISNIS 1



Bisnis adalah suatu kegiatan yang di landaskan untuk berbagai macam tujuan, sedangkan dari kegiatannya sendiri dapat di lakukan dengan mempunyai modal untuk memperoleh ke untungan. Jika di lihat dari segi ekonomi itu sendiri bisnis merupakan suatu kegiatan yang di dalamnya mengandung prinsip ekonomi, jadi bisnis itu sendiri jika dilihat dari segi ekonomi adalah suatu kegiatan dengan modal yang minimum untuk memperoleh hasil tertentu atau sebaliknya dari modal tertentu untuk mendapatkan keuntungan yang maksimum. Jadi intinya bisnis itu adalah suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan/laba.
Kelayakan bisnis sangatlah di perlukan oleh para investor karena pada dasarnya para investor menginginkan mendapatkan keuntungan yang juga tidak sedikit tentunya. Pada dasarnya kalau berbicara tentang investor, investor juga merupakan salah satu sumber untuk mendapatkan modal bagi perusahaan. Secara umum bisnis sangatlah di kenal oleh berbagai kalangan masyarakat secara mengglobal. Selain itu bisnis juga membutuhkan fasilitas pemerintahan yang berupa fasilitas hukum dan juga fasilitas undang-undang, secara otomatis dengan fasilitas yang di berikan oleh pemerintah bisnis bisa mulai berjalan selain itu bisnis juga membutuhkan kelayakkan. Kelayakan itu bisa berupa fasilitas ataupun pemberian kredit oleh bank dan juga masih banyak kelayakan yang lainnya. Dengan kata lain pemerintah juga membutuhkan para pebisnis untuk membangun pertumbahan ekonomi maupun pembangunannya.
Selain itu mengingat dari perekonomian yang semakin berkembang , jadi suatu bisnis juga harus di pertimbangkan dari prospek kelayakannya. Jika tidak di pertimbangkan dari kelayakan dari suatu bisnis tersebut maka bisnis itu tidak akan berkembang ataupun bertambah maju. Selain itu juga bisnis membutuhkan ketelitian dalam melihat kelayakan dari proyek yang dikerjakannya, bahwa proyek itu sudah pantas untuk di kerjakan dan berguna bagi orientasi mendatang, serta menguntungkan kedepannya. Bisnis juga memilik berbagai aspek yang harus di lihat untuk bisa berjalan, seperti: aspek hukum, aspek ekonomi sebagsi penunjang bisnis tersebut, aspek teknologi yang digunakan, aspek distribusi atau pemasaran (pasar),serta melibatkan aspek manajemen dll. Selain itu bisnis juga berhubungan erat dengan manjemen, manajemen yang dimaksud adalah manajemen pemasaran. Karena dari suatu bisnis juga membutuhkan orientasi pasar sebab pasar itu pula yang mempengaruhi bahwa bisnis itu berhasil atau tidaknya.
Bisa di ambil contoh dari suatu bisnis berhasil atau tidaknya seperti pengusaha warung bakso. Pengusaha warung bakso pertama kali jika ingin memulainya bisnis pasti tentunya ia membutuhkan modal untuk menjalankan bisnisnya tersebut, mungkin bisa saja modal itu diperoleh dari hasil pinjamannya ke bank atau bisa juga ke koperasi atau sebagainya. Selanjutnya pasti si calon pengusaha bakso ini sudah menyiapkan konsep dagangnya agar distribusi berjalan lancar, dan mungkin bisa memajukan usahanya. Dengan kata lain si pengusaha bakso ini sudah menyiapkan berbagai konsep yang akan ia gunakan agar pemasaran dari usaha baksonya itu berjalan lancar, selain itu  si pengusaha bakso ini memikirkan bagaimana cara memperoleh bahan baku utama dari pembuatan bakso tersebut. Tentunya si pengusaha ini berpikir bagaimana memperoleh bahan baku utama bakso dengan harga produksi yang minimum, dan tentunya dengan jarak ketempat produksi yang di tempuh(alat transportasi). Si pengusaha ini tentunya tidak ingin mendapatkan kerugian dari hasil pengambilan bahan baku utamanya karena bahan baku utama dari bakso tersebut adalah daging, yang perlu memperhitungkan jarak produksi agar tidak mengalami penyusutan produksi yang berlebihan jadi di perlukan jarak lokasi nya yang di tempuh. Selain itu si pengusaha bakso tersebut (penjual bakso) perlu memikirkan tempat usahanya yaitu tempat / lokasi yang mudah terjangkau oleh si pembeli (konsumen) atau lokasi yang strategis. Si pengusaha bakso ini juga tentunya sudah memikirkan untung ruginya dari hasil penjualan bakso tersebut, serta memikirkan hal kedepannya (orientasi masa depan).


                

0 komentar:

Posting Komentar

........KESEHATAN YANG BAIK DI MULAI DARI BERAT BADAN YANG IDEAL........

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More