Senin, 25 Oktober 2010

Dunia usaha bisnis bakso mendatang ^_^

Alasan saya untuk mencoba usaha bakso ini karena semakin sulitnya untuk mendapatkan lapangan pekerjaan dan semaikin besarnya minat seseorang terhadap makanan bakso dari tahun ke tahun maka membuat diri saya untuk ingin mencoba peluang usaha di bidang ini, memang peluang usaha untuk bakso sudah banyak sekali di masyarakat dan peminat untuk makanan ini dari usia anak-anak hingga orang tua sering kali kita jumpai. Tujuan saya untuk mencoba peluang untuk membuat makanan bakso lebih populer di masa yang akan datang.
Untuk kompetisi di bidang usaha bakso ini memang tidak mudah karena semakin banyaknya para pengusaha bakso yang semakin bertambah tetapi dengan semakin besarnya kompetisi akan semakin menarik. Dengan semakin berkembangnya zaman saya ingin mencoba suatu inovasi baru di bidang usaha ini. Banyak sekali orang yang mencoba usaha ini mencoba beberapa inovasi untuk bisa mempertahankan usaha ini mendatang dan membuat ciri khas dari makanan baksonya tersebut dengan rasa dan harga yang beraneka ragam.
Kebanyakan dari pecinta bakso ini adalah kalangan anak-anak dan remaja. Untuk usaha bakso ini begitu sangat  menjanjikan di masa mendatang. Kalau di lihat dari segi keuntungan untuk usaha bakso ini begitu menjanjikan. Misalkan kita mengeluarkan modal sebesar Rp 10 juta, kemudian membeli peralatan sebesar Rp 4 juta, lalu membeli perlengkapan untuk membuat bakso seperti mie dan bumbu di perkirakan mengeluarkan uang sebesar Rp 2 juta dan untuk penyewaan tempat di perkirakan sebesar Rp 1,5 juta maka sisah dari modal sebesar Rp 2,5 juta. Sisah dari hasil modal tersebut akan disimpan sebagai cadangan modal, cadangan modal ini di gunakan untuk sewaktu-waktu usaha mengalami kemunduran maka cadangan modal tersebut akan di gunakan agar tidak tutup usaha.
Unttuk mempertahankan usaha ini agar tidak mengalami kebangkrutan / tutup usaha maka harus di ciptakan suatu cita rasa yang khas dan berbeda. Dengan cita rasa yang khas dan berbeda maka pelanggan yang mencoba makanan bakso ini akan ketagihan untuk menikmatinya dan akan memberitahukan kepada orang-orang di sekitarnya dan para pelanggan yang ketagihan untuk mencicipi atau menikmati makanan bakso ini akan semakin bertambah. Dengan seiring bertambahnya pelanggan maka anda tentunya tidak ingin untuk kehilangan pelanggan tersebut, agar anda tidak kehilangan pelanggan anda berikut adalah tips-tipsnya,
Tips-tips agar tidak kehilangan pelanggan :
  1.           Tidak mencari keuntungan yang terlalu besar, maksudnya tidak selalu melihat bahwa keuntungan yang besar itu selalu akan mendapat untung. Misalkan anda menjual bakso dengan harga Rp 5.000,00 per mangkok nya, maka anda akan mengambil keuntungan sekitar Rp 500,00 per porsi, itu tidak apa-apa jika anda mendapatkan keuntungan yang kecil yang penting usaha anda akan terus berjalan.
  2.      Yang ke dua dengan cara penempatan lokasi, jika anda mencoba untuk menidirikan usaha bakso anda pastinya membutuhkan tempat untuk berjualan. Misalkan jika anda berjualan bakso tempat adalah hal yang utama untuk bisa berjalannya bisnis anda mendatang.
  3.       Ciptakan cita rasa yang bervariasi dan berbeda dengan harga yang berbeda tentunya, tujuannya agar pelanggan tidak bosan akan menu yang di tawarkan tentunya dengan harga yang bervariasi dan terjangkau. Misalkan dengan harga Rp 3.000,00 anda bisa mendapatkan satu mangkok bakso yang terdiri dari 3 bakso ukuran kecil, Rp 5.000,00 dengan bakso kecil + bakso ukuran besar, Rp 7.000,00 untuk bakso urat dan telur, sedangkan untuk bakso udang dan bakso goreng dikenakan biaya Rp 8.000,00 per mangkoknya.
  4.       Ciptakan makanan yang sehat dan higienis serta layak untuk di konsumsi.
  5.       Tentukanlah tempat dan lokasi yang strategis agar pelanggan mudah untuk menjangkau tempat dan tentunya banyak pelanggan, misalkan pilihlah tempat di dekat kampus dan sekolah karena kebanyakan dari mahasiswa maupun pelajar menggemari bakso.
  6.       Buatlah tempat usaha kita semenarik mungkin dan senyaman mungkin agar para pelanggan merasa betah dan nyaman di tempat restoran kita, misalkan seperti diberi ornamen-ornamen unik atau hiasan yang indah dan tentunya fasilitas dan pelayanan juga harus di tingkatkan.

Hal yang perlu di ingat : Banyak para pengusaha di bidang makanan yang menutup usahanya di                      karenakan hanya mengejar keuntungan dari hasil usahanya. 



0 komentar:

Posting Komentar

........KESEHATAN YANG BAIK DI MULAI DARI BERAT BADAN YANG IDEAL........

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More