Jumat, 08 April 2011

Strategi dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Pendahuluan
Dalam suatu Negara tentunya mempunyai keinginan untuk membuat strategi pembangunan negaranya tersebut agar negaranya bisa mendapatkan pembangunan ataupun pertumbuhan yang diinginkannya. Saya akan memberikan sekilas tentang strategi pembangunan ekonomi tepatnya untuk Indonesia.
Dalam mempelajari perekonomian Negara tentunya kita memiliki konsep penting yaitu dengan mengetahui tentang strategi pembangunan ekonominya tersebut.
Berikut beberapa strategi ekonomi pembangunan ekonomi, di antaranya :

  • -        Strategi Pertumbuhan


                                                                                                                
Pada setiap Negara tentunya memiliki strategi pembangunan ekonomi, strategi pembangunan tersebut akan terpusat pada upaya pembentukan modal, serta bagaimana menanamkannya secara seimbang, menyebar, terarah, dan memusat, sehingga dapat menimbulkan efek pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya pertumbuhan ekonomi tersebut akan dinikmati oleh golongan lemah maka secara tidak langsung akan terjadi ketimpangan atau ketidakmerataan. Hal tersebut merupakan prasyarat untuk terciptanya pertumbuhan ekonomi.

  • -          Strategi Pembangunan dengan Pemerataan


Pada strategi ini menekankan peningkatan pembangunan melalui teknik social engineering.

  • -          Strategi Ketergantungan


Pada tahun 1965 strategi pembangunan ini muncul dengan nama strategi ketergantungan hal ini dikarenakan tidak sempurnanya konsep strategi pertama dan kedua yang mendorong para ahli ekonomi mencari cara alternatif lain. Strategi ini menyebabkan Negara-negara berkembang mengalami kemiskinan karena ketergantungannya dengan Negara-negara maju.

  • -          Strategi yang Berwawasan Ruang

Strategi ini dikemukakan oleh myrdall dan Hirschman yang mengemukakan sebab-sebab kurang mampunya daerah miskin berkembang secepat daerah yang lebih kaya dan lebih maju. Menurut mereka hal ini dikarenakan oleh kemampuan/pengaruh menyebar dari kayak e miskin ( Spread Effect ) lebih kecil daripada terjadinya aliran sumber daya dari daerah miskin ke daerah kaya ( Back Wash Effect ).
  • -          Strategi Pendekatan Kebutuhan Pokok


Strategi ini merupakan strategi yang bisa menanggulangi kemiskinan secara masal. 


 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Strategi Pembangunan Ekonomi

Dalam suatu Negara meiliki pemilihan strategi dalam pembangunan ekonominya. Pemilihan strategi tersebut dimaksudkan agar apa yang menjadi tujuan dari Negara tersebut dapat tercapai. Jika tujuannya hendak di capai misalkan seperti pada sebuah Negara misalkan Negara “A” menginginkan pembangunan ekonominya merata, maka tentu saja yang dipakai adalah strategi yang berwawasan ruang yang akan dipakai.
Strategi Pembangunan di Indonesia
Sebelum orde baru Indonesia sudah mempunyai strategi pembangunan, yang dimana strategi ini secara teori telah di arahkan pada usaha pencapaian laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi pada masa itu tetapi pada kenyataannya nampak adanya kecendrenungan lebih menitik beratkan pada tujuan-tujuan politik, dan kurang memperhatikan pembangunan ekonomi.
Pada masa awal orde baru, strategi pembangunan lebih diarahkan pada tindakan pembersihan dan perbaikan kondisi ekonomi yan mendasar. Pada masa itu juga terjadi hiper inflasi, sehingga pada masa orde baru ini pembangunan Indonesia lebih diarahkan terutama untuk menekan laju inflasi yang sangat tinggi ( hiper inflasi ).
Dalam sejarah perkembangan, perencanaan pembanunan ekonomi di Indonesia dibagi dalam beberapa periode, antara lain :
Periode 1945-1950
Periode 1951-1955
Periode 1956-1960
Periode 1961-1965
Periode setelah orde baru, di bagi dalam :
Periode 1966 sampai dengan 1958 yaitu periode stabilisasi dan rehabilitasi
Periode Repelita I            : 1969/70 – 1973/74
Periode Repelita II           : 1974/75 – 1978/79
Periode Repelita III         : 1979/80 – 1983/84
Periode Repelita IV         : 1984/85 – 1988/89
Periode Repelita V          : 1989/90 – 1993/94

Kesimpulan
Jadi dapat disimpulkan bahwa Indonesia tertutama pada bidang pembanunan ekonomi tidak mengenal perbedaan-perbedaan strategi yang jauh berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar

........KESEHATAN YANG BAIK DI MULAI DARI BERAT BADAN YANG IDEAL........

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More