Jumat, 08 April 2011

PEMBANGUNAN EKONOMI 'COY'



Pendahuluan

Setiap negara tentunya ingin membangun negaranya berdasarkan apa yang dingginkannya untuk bisa mencapai tujuannya. Sama halnya seperti pembangunan ekonomi yang merupakan salah satu komponen yang penting untuk membuat/menciptakan suatu negara mengalami pertumbuhan bahkan pembangunan. Pembangunan ekonomi itupun dimaksudkan untuk membuat perekonomian dari negaranya agar merata tetapi ada juga yang sebaliknya, bukannya membuat perekonomian negaranya merata tetapi justru menciptakan serta menambah kemiskinan dari negaranya tersebut bahkan juga menambah beban dari negaranya tersebut.

Sekilas tentang pembangunan ekonomi

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk setiap negara.
Sebenarnya pembangunan ekonomi merupakan pertumbuhan ekonomi maksudnya adalah pembangunan ekonomi tidak akan lepas dari pertumbuhan ekonomi karena pembangunan ekonomi akan mendorong pertumbuhan ekonomi atau juga sebaliknya, sedangkan pertumbuhan ekonomi yaitu suatu proses dimana kenaikan kapasitas produksi perekonomian pada suatu negara dan diwujudkan dalam bentuk pendapatan nasional dari suatu negara. Di dalam suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi bilamana pendapatan GNP riil di negara tersebut telah meningkat, tentunya jika GNP riil nya sudah mengalami peningkatan pastinya pembangunan ekonominya akan meningkat. Tentunya juga setiap negara memiliki trik sendiri atau strategi sendiri untuk mencapai pembangunan ekonomi negara tersebut. Saya ambil contoh misalkan di Indonesia, Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbesar. Indonesia juga merupakan tergolong kategori negara maju. Menurut saya pertumbuhan ekonomi maupun pembagunannya sudah cukup baik tetapi masih memiliki kelemahan maupun masih harus menanggung beban seperti halnya pertumbuhan yang tidak merata, sehingga menimbulkan kemiskinan. Tetapi Indonesia juga terus meningkatkan pertambahan hasil produksinya serta terus melakukan pemerataan dalam pembangunannya mendatang, mungkin saja Indonesia kedepannya bisa menjadi negara yang tergolong kategori negara maju.

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan maupun pertumbuhan ekonomi :

Sumber daya alam, misalkan seperti anggaplah negara “A”, negara “A” tersebut merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah dalam bidang perlautan tentunya tersebut akan meningkatkan pendapatannya dalam bidang tersebut.
Sumber daya manusia
Sumber daya modal
Keahlian / kewirausahaan

Kesimpulan

Pembangunan ekonomi dari suatu negara tidak akan lepas dari pertumbuhan ekonominya tersebut. Melainkan pembangunan ekonomi pasti akan mendorong pertumbuhan ekonomi serta akan terciptalah pembangunan ekonomi.


sumber : http://www.wikipedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

........KESEHATAN YANG BAIK DI MULAI DARI BERAT BADAN YANG IDEAL........

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More