Rabu, 09 Maret 2011

Pengangguran

Di dalam setiap Negara pasti mempunyai berbagai masalah tentunya. Maslah-maslahnya pun tentunya beraneka ragam, saya mengambil contoh seperti Negara berkembang. Di  Negara-negara berkembang seperti Indonesia terdapat berbagai macam masalah didalamnya, salah satunya seperti adanya pengangguran. Pengangguran merupakan istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali atau juga seseorang yang sedang mencari pekerjaan kecuali pelajar. Pengangguran sendiri di sebabkan oleh kurangnya lapangan pekerjaan sehingga jumlah masyarakat yang membutuhkan pekerjaan tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia., misalkan seperti banyaknya mahasiswa dalam 1 tahun yang lulus secara bersamaan misalkan jumlahnya ada 2500 mahasiswa sedangkan lapangan pekerjaan yang tersedia untuk mereka tidak sampai dengan jumlahnya sehingga kebanyakan dari mahasiswa tersebut akan menganggur. Bukan hanya itu saja pengangguran juga bisa menimbulkan masalah dalam perekonomian, misalkan dengan adanya pengangguran timbulah produktivitas dan pendapatan dari masyarakat berkurang sehingga akan menimbulkan kemiskinan, tindakan kriminal dan sebagainya. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menganggur maka setidaknya akan menghambat perkembangan dari suatu Negaratersebut, misalkan jika ada seseorang yang menganggur tentu saja pendapatannya tidak ada dan hal itu menyebakan si penganggur tersebut setidak-tidaknya harus mengurangi konsumsinya dan itu akan menyebabkan tingkat kemakmuran dan kesejahteraannya akan menurun.

Berikut jenis-jenis pengangguran :

  • Pengangguran friksional

Pengangguran friksional  merupakan pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan oleh kendala waktu. Informasi dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran pekerjaan.
Pengangguran struktural
Pengangguran struktural merupakan keadaan  dimana pengangur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pembuka lapangan kerja.
  •  Pengangguran musiman

Pengangguran musiman merupakan keadaan seseorang yang menganggur karena adanya fluktuasi kegiatan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus menganggur, misalkan seorang pedagang buah mangga, pedagang buah mangga dia akan selalu menjual buah mangganya pada saat musim mangga sehingga ia harus menunggu panenya itu sampai musim mangga tiba. Jadi si pedagang mangga itu menjadi pengangguran musiman.
  • Pengangguran siklikal

Pengangguran siklikal merupakan pengangguran yang disebabkan oleh imbas naik turunnya siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah dari pada penawaran kerja.

Penyebab umumnya terjadi pengangguran di Indonesia yakni disebabkan oleh jumlah lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan jumlah tenaga kerja yang membutuhkan pekerjaan.
Dalam suatu Negara berkembang seperti Indonesia, ada yang dikenal dengan istilah pengangguran terselebung. pengangguran terselebung yaitu dimana pekerjaan yang semestinya bisa dialakukan oleh tenaga kerja yang sedikit tetapi dilakukan oleh jumlah tenaga kerja yang lebih banyak.

Berikut adalah trik agar tidak menjadi pengangguran :

  1. Janganlah selalu berpikiran bahwa kerja di kantor yang bertingkat, ber-AC dengan fasilitas yang nyaman menjadi suatu keharusan. Karena jika berpikiran seperti itu kita tidak akan mendapatkan pekerjaan malah kita bisa menjadi pengguran. Jadi kita harus berpikir masih ada jalan lain yang masih bisa ditempuh agar tidak menjadi penganguran yaitu dengan cara berwirausaha. Tentunya dengan berwirausaha kita pasti mendapatkan keuntungan yang berlebih dari pada bekerja di kantor yang hanya menjadi seorang karyawan. Selain itu juga dengan berwirausaha kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri bagi orang yang membutuhkan. Tentunya juga tanpa disadari kita sudah membantu mengurangi masalah pada Negara untuk mengurangi pengangguran yang ada dan menambah lapangan pekerjaan tentunya.
  2. Janganlah sekali-kali membuang-buang waktu yang ada serta kesempatan yan ada sejak dini.
  3. Cobalah berpikiran positif untuk kedepannya dan selalu optimis. Karena jika kita berpikir positif dan selalu optimis pasti sesuatu cobaan yang diberikan, pasti akan menemukan jalan keluarnya.


Nah sekian artikel dari saya ini semoga bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar

........KESEHATAN YANG BAIK DI MULAI DARI BERAT BADAN YANG IDEAL........

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More